Selasa, 21 April 2015

Tips Mendesain Dapur Minimalis

Bagi sebagian orang, kegiatan memasak merupakan sebuah hobi. Oleh karena itu, sering kali kita jumpai dapur yang dilengkapi dengan peralatan masak yang canggih, furniture yang mewah, sampai dengan lantai granite dan plafon gypsum dengan segala asesoris menawan lainnya. Namun demikian, dalam merancang dapur minimalis pada dasarnya hanya ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan.

MEMILIH KITCHEN SET

 Info dan tips desain interior dapur Anda


Salah satu cara untuk menonjolkan dapur Anda adalah dengan memiliki kitchen set yang baik. Untuk itu, dalam mendesain kitchen set perlu diperhatikan beberapa hal :

1. Fungsi dan kegunaan

Banyak rumah saat ini memiliki 2 macam dapur yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Tentu saja kegunaan masing-masing dapur ini juga berbeda. Maka dari itu, baik bentuk, peralatan, dan tampilannya akan berbeda.

2. Luas ruangan

Merancang kitchen set harus memperhatikan luas ruangan dapur. Sesuaikan ukuran kitchen set dengan luas ruangan.

3. Konsep

Sebaiknya Anda memiliki satu konsep/ tema untuk dapur Anda agar segala peralatan yang ada di dalamnya selaras baik bentuk maupun warnanya, termasuk kitchen set Anda.

4. Sirkulasi udara

Letakkan kompor atau sink Anda di bagian dekat jendela agar aroma masakan tidak berputar di dalam rumah sehingga seluruh rumah menjadi bau.


MEMILIH KERAMIK LANTAI DAPUR

 Info dan tips desain interior dapur Anda


Pemilihan keramik lantai dapur yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan bagi pemakainya, bukan hanya dari segi estetika saja namun juga kualitas. Ada banyaknya jenis keramik yang bisa ditemukan sekarang di pasaran. Namun harus diingat bahwa selain memperhatikan model dan desain keramik, ada baiknya Anda memperhatikan kualitas keramik agar tidak mudah pecah dan rapi sewaktu pemasangannya. Selain itu dapur sendiri merupakan tempat spesial dalam rumah di mana makanan diproduksi. Oleh karena itu, sekurang-kurangnya desain keramik lantai dapur rumah harus memiliki beberapa sifat yang sesuai dengan fungsi dapur itu sendiri. Sifat-sifat khusus itu tentu saja sangat berbeda dengan berbagai jenis keramik yang bisa digunakan di ruangan-ruangan yang lain dalam rumah, baik itu di kamar tidur, kamar tamu, atau bahkan di kamar mandi.

Karakteristik yang pertama yang harus dipenuhi oleh jenis keramik lantai dapur rumah adalah bahwa dia harus bersifat kesat. Dapur merupakan tempat produksi makanan yang karenanya melibatkan berbagai bahan makanan sehingga terkadang bisa membuat lantai licin. Lantai keramik yang kesat akan mengurangi kemungkinan terpeleset di dapur. Dengan demikian, sebaiknya hindari penggunaan keramik yang terlalu halus dan licin sebab terkadang hal tersebut bisa memberikan bahaya yang besar.

Selanjutnya, jangan gunakan jenis keramik yang warnanya terlalu mencolok ataupun terlalu gelap. Keramik lantai dapur rumah harus diusahakan memiliki warna kasual atau lembut sehingga bisa memberikan tambahan rasa nyaman bagi pengguna dapur tersebut. Jika dibandingkan antara penggunaan keramik warna yang mencolok dengan keramik warna gelap, maka penggunaan warna yang mencolok lebih dianjurkan untuk menghindari kesan suram yang memang merupakan tampilan dekorasi dapur yang harus dijauhi.

Terakhir, tampilan keramik lantai dapur rumah tentu saja harus menarik. Ada banyak pilihan motif keramik dari mulai yang polos sampai yang memiliki variasi pola pada satu warna latar belakang. Anda bisa memilih jenis motif yang sedikit ceria. Artinya variasi motif keramik yang bisa menimbulkan kesan suram sebaiknya ditinggalkan. Jenis keramik lantai dapur rumah elegan yang biasanya menggunakan motif abstrak pada latar belakang warna kasual bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal tersebut akan menambah kesempurnaan keseluruhan dekorasi dapur yang anda gunakan.


MEMILIH WARNA CAT DINDING DAN PLAFON

 Tips dan info desain interior dapur Anda


Trend bentuk rumah saat ini mengarah pada model minimalis yang bergantung pada kombinasi warna dengan pencahayaan. Pada rumah minimalis, tidak banyak ornamen yang dibuat bila dibandingkan dengan rumah mediterania ataupun rumah tradisional. Dalam membuat rumah minimalis, salah satu yang harus diperhatikan adalah pemilihan warna cat. Pemilihan kombinasi warna yang padu antara lantai, dinding, dan plafon adalah penunjang besar dalam menciptakan kesan rumah yang nyaman dan elegan. Puluhan pilihan warna cat yang tersedia di toko materialpun seringkali membuat kita menjadi sangat pusing harus memilih yang mana. Sedangkan jika kita salah, kombinasi warna yang dihasilkan akan membuat penampilan rumah anda menjadi tidak nyaman. Karena itulah, wawasan tentang pemilihan kombinasi warna memang sangat diperlukan.

Dalam memilih warna cat, biasanya dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu warna gelap dan terang. Untuk memberi efek rumah yang tegas dan mewah, poleskan cat warna yang lebih gelap pada bagian yang sempit saja. Sedangkan untuk cat warna terang, anda bisa mempoleskannya di daerah yang lebih luas. Dengan begitu, rumah anda tidak hanya terlihat mewah namun juga terlihat luas dan nyaman. Mengenai pilihan warna apa yang sebaiknya digunakan tergantung dari selera masing-masing orang. Kombinasi warna abu-abu, putih, coklat, ataupun krem dengan warna gelap lain sangat cocok. Usahakan hindari kombinasi warna terang dengan terang atau gelap dengan gelap.

Apapun warna pilihan Anda, pastikan ada satu warna dominan pada suatu ruangan sehingga warna tersebut bisa dijadikan acuan bagi warna pelengkap lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar