Selasa, 28 April 2015

Cara Membuat AC Rumah Anda lebih Tahan Lama

Sering kali kita membeli AC tanpa mengetahui kapasitasnya. Biasanya, harapan kita pada waktu membeli AC adalah untuk mendinginkan ruangan secepat mungkin. Namun dalam kenyataannya, sering ditemukan AC yang telah terpasang tidak mampu mendinginkan ruangan dalam jangka waktu yang diharapkan. Dan setelah bebrapa bulan digunakan, AC tersebut sudah rusak.
 tips membuat ac lebih tahan lama

Kondisi serupa sering ditemui di lingkungan kita. Salah satu sebabnya adalah kita tidak mengetahui kapasitas AC yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan. Itu sebabnya, memilih AC bukan hanya kualitas merek yang perlu diperhatikan, namun kita juga harus mengetahui besarnya kapasitas AC yang dibutuhkan agar menjadi lebih awet. Yang harus diperhatikan adalah mengetahui terlebih dulu luas ruangan. Acuan daya pendingin AC terhadap luas ruangan adalah sebagai berikut :
BTU/hour = 5000     ----> 1/2 pk     ----> Luas ruangan = 10 m2
BTU/hour = 7000     ----> 3/4 pk     ----> Luas ruangan = 12 m2
BTU/hour = 9000     ----> 1 pk        ----> Luas ruangan = 15 m2
BTU/hour = 12000   ----> 1 1/2 pk   ----> Luas ruangan = 20 m2
BTU/hour = 18000   ----> 2 pk         ----> Luas ruangan = 25 m2
Acuan perhitungan di atas diambil berdasarkan kondisi umum, dan tentu saja perubahan kondisi normal yang dipengaruhi oleh tinggi plafon, dinding/ jendela, cuaca, dan beberapa faktor lain akan dapat mengubah perhitungan tersebut.
Setelah mengetahui besarnya kapasitas AC yang dibutuhkan, ruangan Anda pasti lebih cepat sejuk dan AC Anda akan lebih awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar