Sabtu, 23 Februari 2019

Renovasi Rumah dengan Biaya Terbatas

Melakukan renovasi rumah memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk kondisi tertentu, renovasi rumah tidak dapat dihindari dan harus dilakukan. Menunda waktu renovasi hanya akan memperburuk kondisi bangunan dan membuat biaya renovasi semakin besar.

Dalam merencanakan renovasi rumah, kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti dana renovasi, desain (tergantung kondisi dan tujuan dari renovasi), pekerja, material, pengawas, ijin, dll. Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan renovasi rumah pasti akan merasa kesulitan melakukannya. Kalau memang begitu kondisinya, baiknya kamu menggunakan jasa kontraktor dalam perencanaan sekaligus pengerjaannya.

Konsultan biasanya digunakan sebagai tenaga perencana, sementara tenaga pelaksana disebut kontraktor. Tidak jarang kontraktor yang memiliki jasa konsultan sekaliguss sehingga memudahkan kamu dalam berkonsultasi sekaligus mengestimasi biaya hingga pengawasan pekerjaan. Kontraktor terdiri dari banyak tukang, kepala tukang, pengawas lapangan, dengan sistem kerja yang terstruktur, waktu kerja yang tertarget, dan sistem pembayaran yang tersistem. Jadi pada dasarnya jasa kontraktor sangat berbeda dengan jasa tukang ataupun mandor.

Lalu bila ingin melakukan renovasi rumah dengan biaya yang terbatas, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal berikut :
1. Manfaatkan material existing yang masih dapat digunakan.
Dalam proses renovasi, biasanya ada beberapa material yang sebetulnya masih bisa digunakan. Manfaatkan bagian-bagian ini untuk mengurangi biaya renovasi, walaupun mungkin secara tampilan tidak akan sempurna namun secara fungsional masih dapat dipakai.
2. Gunakan tenaga ahli.
Membayar tenaga ahli memang akan lebih mahal, namun kamu bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih berkualitas dengan penggunaan material standard yang telah ditetapkan beserta keraihan pekerjaan. Dibanding kamu menggunakan tenaga yang kurang berpengalaman dan mendapatkan hasil yang tidak baik. Toh, kamu juga sama-sama telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
3. Rencanakan secara menyeluruh
Rencanakan renovasi secara menyeluruh, tidak sebagian. Perencanaan yang hanya per bagian akan menyebabkan konsep rumah kamu menjadi berantakan sehingga secara estetika tidak bagus. Cara yang benar adalah kamu merencanakan prosesnya secara menyeluruh dulu, namun ketika kamu ingin mengeksekusi, kamu bisa memulainya secara bertahap.

Kamu bisa berkonsultasi mengenai renovasi rumah dengan Intinusa Persada, jasa kontraktor yang melayani desain rumah, renovasi rumah, dan rancang bangun rumah. Coba kunjungi http://persadaland.com atau http://persadainterior.com atau dengan menghubungi 081380809198.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar